YAYASAN PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT
MTs. SUNAN DRAJAT BANJARWATI
BADAN HUKUM PERKUMPULAN NAHDLATUL ULAMA
SK MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA NO. AHU-119.AH.01.08 TAHUN 2013
NPSN : 20582849 NSM : 121235240100 TERAKREDITASI A
Alamat : Jl. Raden Qosim Banjarwati Kec. Paciran Kab. Lamongan Provinsi Jawa Timur
Email: [email protected] Telp. 0322. 662905 Kode Pos. 62264
PROFIL
MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN DRAJATBANJARWATI
TAHUN PELAJARAN 2017-2018
- Sejarah Singkat MTs. Sunan Drajat Banjarwati
Madrasah Tsanawiyah Sunan Drajat didirikan di dusun Banjaranyar, Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran , Kabupaten Lamongan, Propinsi Jawa Timur pada tahun 1986, oleh DR.KH. ABDUL GHOFUR. Seorang pemimpin dan pengasuh Pondok pesantren terbesar di Kabupaten Lamongan, yaitu Pondok Pesantren Sunan Drajat dusun Banjaranyar, Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran , Kabupaten Lamongan, Propinsi Jawa Timur.
- Latar Belakang Berdirinya MTs. Sunan Drajat Banjarwati
Pada tahun 1984/1985 di Pondok pesantren Sunan Drajat didirikan sebuah lembaga pendidikan menengah tingkat pertama ( SMP ) 45 di samping didalamnya sudah ada Madrasah Diniyah ( Madrasah Khusus Pelajaran Agama – ala Pesantren ) yang sudah berjalan bertahun – tahun sejak pesantren itu berdiri, namun keberadaan SMP hanya mampu bertahan selama satu tahun. Karena kurang mendapat dukungan dari masyarakat sekitar. Memang masyarakat dan wali santri pada waktu itu lebih bangga dan lebih menerima Madrasah yang bercirikan islam dari pada sekolah Umum ( SMP ) .
Kiranya hal ini cukup menjadi renungan dan pola pikir baru dalam melangkah selanjutnya, padahal banyak masyarakat dan wali – wali santri Pondok Pesantren Sunan Drajat yang menginginkan agar anaknya bisa melanjutkan sekolah ke jenjang tsanawiyah dengan tanpa keluar dari lingkungan pesantren. karena hal ini adalah harapan mereka, maka dengan pertimbangan hal tersebut akhirnya DR KH. ABDUL GHOFUR bersama – sama dengan masyarakat sepakat mendirikan Lembaga pendidikan baru yang bercirikan Islam yang di beri nama Madrasah Tsanawiyah Sunan Drajat yang lokasinya berada di tengah – tengah Pondok Pesantren Sunan Drajat yang bernaung di bawah Yayasan Pondok Peasantren Sunan Drajat, dengan akte Notaris Nurul Yaqin SH. Nomor : 10 tanggal 19 Oktober 1993.
Dan Alhamdulillah perkembangan Madrasah ini sejak berdiri hingga sekarang tidak pernah mengecewakan bahkan cukup menggembirakan dan membanggakan, baik kuantitas dan kualitas siswa didik. Dan kini walaupun di tengah – tengah pondok pesantren telah berdiri Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negri ( SLTPN 2 Paciran ) Lima tahun lalu, yang keberadaanya merupakan tantangan tersendiri Bagi Madrasah Tsanawiyah Sunan Drajat , namun Madrasah Tsanawiyah Sunan Drajat tetap eksis serta mampu bertahan dan kapasitas siswa pun tetap stabil dan standart tidak banyak mengalami perubahan yang berarti.
- Visi, Misi Dan Tujuan MTs. Sunan Drajat Banjarwati
- Visi MTs. Sunan Drajat Banjarwati
“ISLAMI. BERBASIS PESANTREN DAN UNGGUL”
ISLAMI
- Mengetahui dan mengerti aturan syariat Islam Ahlissunnah wal jamaah sesuai perkembangan anak.
- Menyadari kehadiran dirinya sebagai khalifah di bumi.
- Mengamalkan ajaran-ajaran Islam Ahlissunah wal jamaah dengan sepenuh hati.
- Menyadari dan mencontoh perilaku Rasulullah sebagai uswatun hasanah.
BERBASIS PESANTREN
- Lembaga yang menyelanggarakan pendidikan dengan budaya pesantren.
- Lembaga yang mengembangkan kurikulum pendidikan Nasional dan kurikulum pendidikan agama Islam sebagai ciri khas pesantren.
- Lembaga yang menyelenggarakan preoses pendidikan (pembiasaan nilai-nilai Islam, PMB, penelitian dan pengembangan) yang inovatif.
UNGGUL
- Mampu mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Memiliki kemandirian dengan jati diri yang berakhlakul karimah.
- Memiliki kepedulian terhadap orang lain dan lingkungan.
- Memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan yang efektif.
- Mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
- Mencapai nilai akademis yang tinggi.
- Mampu menghasilkan karya yang memiliki nilai tambah.
- Mampu menguasai dan menerapkan pengetahuannya pada berabagai aspek kehidupan.
- Memiliki kemandirian dan kepercayaan diri yang tinggi (tawakal).
- Mampu melakukan komunikasi dan kerjasama.
- Memiliki kepekaan terhadap perubahan zaman dan memanfaatkannya sebagai peluang.
- Memiliki pandangan yang jauh ke depan (visionaris)
- Memiliki kemampuan di dalam kesetaraan global.
- Misi MTs. Sunan Drajat Banjarwati
- Meningkatkan kualitas dan efektifitas kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
- Meningkatkan, mengembangkan dan menerapkan proses pembelajaran yang inovatif bernuansa islami.
- Meningkatkan ketersediaan sarana prasarana pendidikan yang memenuhi standar nasional.
- Meningkatkan pelaksanaan prinsip-prinsip managemen yang akuntabel dan mendorong partisipasi public dalam pengelolaan pendidikan.
- Meningkatkan SDM sebagai pendidik professional.
- Tujuan dan Target MTs. Sunan Drajat Banjarwati
Tahapan untuk mewujudkan visi dalam jangka menengah (4 tahun).
Pada tahun 2013 MTs Sunan Drajat Banjarwati memiliki :
- Rata-rata hasil UN untuk matematika 8.00, Bahasa Indonesia 8.50, Bahasa Inggris 8.00 dan IPA 8.00.
- Semua guru menerapkan PAIKEM/CTL.
- 50% siswa mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan baik.
- 50% guru menguasai bahasa inggris dan berkomunikasi menggunakan bahasa inggris.
- 50% guru menguasai bahasa arab dan berkomunikasi menggunakan bahasa Arab.
- Memiliki Lap computer dengan jumplah computer 40 computer
- Tim kesenian mampu tampil pada acara tingkat propinsi.
- Tim olah raga mampu tampil di tingkat kabupaten.
- 100% siswa mampu melaksanakan ibadah dengan benar.
- 100% guru fasih dan lancer membaca Al-Qur’an.
- 80% guru memenuhi kualifikasi akademik.
- 100% guru melaksanakan penilaian prases dan hasil belajar.
- Struktur Organisasi
- Identitas Sunan Drajat Banjarwati
- Nama Satuan Pendidikan
NPSN | : | 20582849 | ||
Nama Madrasah | : | MTs. Sunan Drajat Banjarwati | ||
Alamat | : | Jl. Raden Qosim | ||
Kelurahan/Desa | : | Banjarwati | ||
Kecamatan | : | Paciran | ||
Kabupaten/Kota | : | Lamongan | ||
Provinsi | : | Jawa Timur | ||
Telepon / HP | : | 0322 662905 | ||
Jenjang | : | SLTP / MTs | ||
Status (Negeri/Swasta) | : | Swasta | ||
Tahun Berdiri | : | 1986 | ||
Hasil Akreditasi | : | A
|
- IDENTITAS KEPALA MADRASAH
Nama Lengkap : KHOSIN, SH., S.Pd.
Tempat Tanggal Lahir : Bojonegoro, 07 Agustus 1978
Alamat Rumah : Pucangro Kalitengah Lamongan
Pendidikan Terakhir : S-1
Periode Jabatan : 2016-2019
Telephone/Handphone : 0856 4515 7310
Nomor SK Penetapan : PC/10574/A-2/VIII/2016
- WAKIL KEPALA MADRASAH
Wakil Kepala Madrasah | Nama | Pendidikan dan Jurusan | Masa Kerja | |
Sbg guru | Dalam Jabatan | |||
a. Kurikulum/Akademik | Rendy Pratomo, ST. | S-1 Tehnik Sipil | 15 Th | 3 Th |
b. Kesiswaan | Iswanto, SH., S.Pd. | S-1
Pendidikan PKN |
11 Th | 1 Th |
c. Sapras | Abdul Muhid, S.Pd.I. | S-1
Kependidikan Islam |
4 Th | 1 Th |
d. Humas | Nur Siyam,S.Pd.I. | S-1 Kependidikan Islam | 15 Th | 1 Th |
No | INDIKATOR | KRITERIA | JUMLAH (Orang) |
1 | Kualifikasi Pendidikan Guru | <= SMA Sederajat | 1 |
D1 | |||
D2 | |||
D3 | |||
S1 | 66 | ||
S2 | 15 | ||
S3 | |||
Jumlah | 82 | ||
2 | Sertifikasi | Sudah | 31 |
Belum | 50 | ||
Jumlah | 81 | ||
3 | Gender | Pria | 46 |
Wanita | 36 | ||
Jumlah | 82 | ||
4 | Status Kepegawaian | PNS | 4 |
GTT | 3 | ||
GTY | 75 | ||
Honorer | |||
Jumlah | |||
5 | Pangkat / Golongan | II a | |
II b | |||
II c | |||
II d | |||
III a | |||
III b | |||
III c | |||
III d | |||
IV a | 4 | ||
IV b | |||
Diatas IV b | |||
Non PNS | 78 | ||
Jumlah | 82 | ||
6 | Kelompok Usia | Kurang dari 30 Tahun | 28 |
31 – 40 Tahun | 29 | ||
41 – 50 Tahun | 18 | ||
51 – 60 Tahun | 7 | ||
diatas 60 Tahun | |||
Jumlah | 82 | ||
7 | Masa Kerja | Kurang dari 6 Tahun | 31 |
6 – 10 Tahun | 18 | ||
11 – 15 Tahun | 14 | ||
16 – 20 Tahun | 10 | ||
21 – 25 Tahun | 6 | ||
26 – 30 Tahun | 3 | ||
Diatas 30 Tahun | |||
Jumlah | 82 |
KELAS | TOTAL | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | ||
ROMBEL | 14 | 17 | 20 | 51 | |||
LAKI-LAKI | 270 | 297 | 320 | 887 | |||
PEREMPUAN | 234 | 243 | 271 | 748 | |||
TOTAL | 504 | 540 | 591 | 1635 | |||
SISWA/ROMBEL | 504 | 540 | 591 | 1635 |
Jumlah Siswa | 1635 | orang | |
Jumlah Siswa Pria | 887 | orang | |
Jumlah Siswa Wanita | 748 | orang | |
Jumlah Guru | 82 | orang | |
Jumlah Rombel | 51 | rombel | |
LAHAN | |||
Kriteria | Data | Satuan | |
LUAS LAHAN | 17.715 | m2 | |
JUMLAH LANTAI BANGUNAN | 4 | tingkat | |
JUMLAH ROMBEL | 51 | rombel | |
JUMLAH SISWA | 1635 | orang | |
RASIO LAHAN THD SISWA | 1:2 | orang/m2 | |
BANGUNAN | |||
Kriteria | Data | Satuan | |
LUAS BANGUNAN | 11.000 | m2 | |
JUMLAH LANTAI BANGUNAN | 4 | tingkat | |
JUMLAH ROMBEL | 51 | rombel | |
JUMLAH SISWA | 1635 | orang | |
RASIO LANTAI BANGUNAN THD SISWA | 1:2 | orang/m2 | |
Kriteria | Data | Satuan | |
Jumlah Daya | 12000 | Watt |
RUANG KELAS | |||||||||||||
(diisi jumlah seluruh ruang kelas yang ada dan seluruh perabot di seluruh kelas) | |||||||||||||
Kriteria | Satuan | Kondisi | Jumlah | ||||||||||
Baik | Rusak Ringan | Rusak Berat | |||||||||||
Jumlah total ruang kelas | kelas | 51 | 51 | ||||||||||
Kapasitas Maksimum | orang | 40 | 40 | ||||||||||
Rata-rata luas ruang kelas | m2 | 36 | 36 | ||||||||||
Ratio Luas ruang kelas | orang/m2 | 1:1 | 1:1 | ||||||||||
Rata-rata lebar ruang kelas | m2 | 6 | 6 | ||||||||||
Perabot | |||||||||||||
Jumlah kursi siswa | buah | 1635 | 1635 | ||||||||||
Jumlah meja siswa | buah | 820 | 820 | ||||||||||
Jumlah kursi guru | buah | 51 | 85 | ||||||||||
Jumlah meja guru | buah | 51 | 51 | ||||||||||
Jumlah Lemari di kelas | buah | 51 | 51 | ||||||||||
Jumlah Papan Pajang | buah | 51 | 51 | ||||||||||
Jumlah Papan Tulis | buah | 51 | 51 | ||||||||||
Jumlah Tempat sampah | buah | 60 | 60 | ||||||||||
Jumlah Tempat cuci tangan | buah | 10 | 10 | ||||||||||
Jumlah Jam Dinding | buah | 60 | 60 | ||||||||||
Jumlah Stop Kontak Listrik | buah | 60 | 60 | ||||||||||
PERPUSTAKAAN | |||||||
Kriteria | Satuan | Kondisi | Jumlah | ||||
Baik | Rusak Ringan | Rusak Berat | |||||
Luas bangunan perpustakaan | m2 | 45 | 45 | ||||
BUKU | |||||||
Buku teks pelajaran | eksemplar | 5380 | 5380 | ||||
Buku panduan pendidik | eksemplar | 530 | 530 | ||||
Buku pengayaan | judul | 425 | 425 | ||||
Buku referensi | judul | 385 | 385 | ||||
Sumber belajar lain | judul | 475 | 475 | ||||
PERABOT | |||||||
Rak Buku | set | 22 | 22 | ||||
Rak Majalah | buah | 2 | 2 | ||||
Rak Surat Kabar | buah | 1 | 1 | ||||
Meja baca | buah | 6 | 6 | ||||
Kursi baca | buah | ||||||
Kursi kerja | buah | 4 | 4 | ||||
Meja kerja/sirkulasi | buah | 3 | 3 | ||||
Kursi Kerja | buah | 1 | 1 | ||||
Lemari Katalog | buah | 1 | 1 | ||||
Lemari | buah | 2 | 2 | ||||
Papan pengumuman | buah | 1 | 1 | ||||
Meja multimedia | buah | 1 | 1 | ||||
MEDIA PEMBELAJARAN | |||||||
Peralatan multimedia | buah | 5 | 5 | ||||
PERLENGKAPAN LAINNYA | |||||||
Buku inventaris | buah | 1 | 1 | ||||
Tempat sampah | buah | 1 | 1 | ||||
Kotak kontak | buah | 1 | 1 | ||||
Jam dinding | buah | 1 | 1 | ||||
LABORATORIUM IPA | |||||||
Kriteria | Satuan | Kondisi | Jumlah | ||||
Baik | Rusak Ringan | Rusak Berat | |||||
Luas bangunan Laboratorium IPA | m2 | 30 | 30 | ||||
PERABOT | |||||||
Lemari | buah | 1 | 1 | ||||
PERALATAN PENDIDIKAN | |||||||
Model kerangka manusia | buah | 1 | 1 | ||||
Model tubuh manusia | buah | 1 | 1 | ||||
Globe | buah | 5 | 5 | ||||
Model tata surya | buah | 1 | 1 | ||||
Kaca pembesar | buah | 25 | 25 | ||||
Cermin datar | buah | 5 | 5 | ||||
Cermin cekung | buah | 5 | 5 | ||||
Cermin cembung | buah | 5 | 5 | ||||
Lensa datar | buah | 4 | 4 | ||||
Lensa cekung | buah | 4 | 4 | ||||
Lensa cembung | buah | 5 | 5 | ||||
Magnet batang | buah | 6 | 6 | ||||
Poster IPA | set | 10 | 10 | ||||
RUANG PIMPINAN | |||||||
Kriteria | Satuan | Kondisi | Jumlah | ||||
Baik | Rusak Ringan | Rusak Berat | |||||
BANGUNAN | 10 | ||||||
Luas Bangunan | m2 | 10 | 10 | ||||
Lebar minimum | m | 10 | |||||
PERABOT | 1 | ||||||
Kursi pimpinan | buah | 1 | 1 | ||||
Meja pimpinan | buah | 1 | 4 | ||||
Kursi dan meja tamu | set | 4 | 1 | ||||
Lemari | buah | 1 | 1 | ||||
Papan statistik | buah | 1 | |||||
PERLENGKAPAN LAINNYA | 1 | ||||||
Simbol kenegaraan | set | 1 | 1 | ||||
Tempat sampah | buah | 1 | 1 | ||||
Mesin ketik/komputer | set | 1 | 1 | ||||
Filing kabinet | buah | 1 | 1 | ||||
Brankas | buah | 1 | 1 | ||||
Jam dinding | buah | 1 | 1 | ||||
RUANG GURU |
|||||||
Kriteria | Satuan | Kondisi | Jumlah | ||||
Baik | Rusak Ringan | Rusak Berat | |||||
BANGUNAN | |||||||
Luas bangunan | m2 | 72 | 72 | ||||
Ratio Luas / Guru | org/m2 | 1 | 1 | ||||
PERABOT | |||||||
Kursi kerja | buah | 72 | 72 | ||||
Meja kerja | buah | 75 | 75 | ||||
Lemari | buah | 5 | 5 | ||||
Papan statistik | buah | 2 | 2 | ||||
Papan pengumuman | buah | 1 | 1 | ||||
PERLENGKAPAN LAINNYA | |||||||
Tempat sampah | buah | 1 | 1 | ||||
Tempat cuci tangan | buah | – | – | ||||
Jam dinding | buah | 1 | 1 | ||||
Penanda waktu / bel / lonceng | buah | 1 | 1 | ||||
Telepon | buah | – | – | ||||
TEMPAT BERIBADAH | |||||||
Kriteria | Satuan | Kondisi | Jumlah | ||||
Baik | Rusak Ringan | Rusak Berat | |||||
BANGUNAN | |||||||
luas minimum | m2 | 500 | 500 | ||||
PERABOT | |||||||
Lemari / Rak | buah | 2 | 2 | ||||
PERLENGKAPAN LAINNYA | |||||||
Perlengkapan ibadah | set | ||||||
Jam dinding | buah | 1 | 1 | ||||
RUANG UKS | |||||||
Kriteria | Satuan | Kondisi | Jumlah | ||||
Baik | Rusak Ringan | Rusak Berat | |||||
BANGUNAN | |||||||
luas | m2 | 30 | 30 | ||||
PERABOT | |||||||
Tempat tidur | set | 3 | 3 | ||||
Lemari | buah | 2 | 2 | ||||
Meja | buah | 2 | 2 | ||||
Kursi | buah | 5 | 5 | ||||
PERLENGKAPAN LAINNYA | |||||||
Buku catatan kesehatan peserta didik | buah | 1 | 1 | ||||
Peralatan P3K | set | 1 | 1 | ||||
Tandu | set | 1 | 1 | ||||
Selimut | buah | 6 | 6 | ||||
Tensimeter | buah | 1 | 1 | ||||
Termometer badan | buah | 1 | 1 | ||||
Timbangan badan | buah | 1 | 1 | ||||
Pengukur tinggi badan | buah | 1 | 1 | ||||
Tempat sampah | buah | 1 | 1 | ||||
Tempat cuci tangan | buah | 1 | 1 | ||||
Jam dinding | buah | 1 | 1 | ||||
Telepon | buah | 1 | 1 | ||||
JAMBAN | |||||||
Kriteria | Satuan | Kondisi | Jumlah | ||||
Baik | Rusak Ringan | Rusak Berat | |||||
BANGUNAN | |||||||
Jumlah Jamban Siswa Laki-laki | unit | 16 | 16 | ||||
Jumlah Jamban Siswa Perempuan | unit | 16 | 16 | ||||
Jumlah jamban guru | unit | 1 | 1 | ||||
Rasio jumlah laki-laki terhadap jamban | siswa/ jamban | 1/100 | 1/100 | ||||
Rasio jumlah perempuan terhadap jamban | siswa/ jamban | 1/100 | 1/100 | ||||
jumlah jamban seluruhnya | unit | 33 | 33 | ||||
luas rata – rata jamban | m2/jamban | 4 | 4 | ||||
PERLENGKAPAN LAINNYA | |||||||
Kloset | buah | 33 | 33 | ||||
Tempat air | buah | 33 | 33 | ||||
Gayung | buah | 33 | 33 | ||||
Gantungan pakaian | buah | 33 | 33 | ||||
Tempat sampah | buah | 5 | 5 | ||||
GUDANG | |||||||
Kriteria | Satuan | Kondisi | Jumlah | ||||
Baik | Rusak Ringan | Rusak Berat | |||||
BANGUNAN | |||||||
luas | m2 | 10 | 10 | ||||
PERLENGKAPAN LAINNYA | |||||||
Lemari | buah | 2 | 2 | ||||
Rak | buah | 6 | 6 | ||||
RUANG SIRKULASI | |||||||
Kriteria | Satuan | Kondisi | Jumlah | ||||
Baik | Rusak Ringan | Rusak Berat | |||||
BANGUNAN | |||||||
luas | m2 | 120 | 120 | ||||
lebar | m | 40 | 40 | ||||
tinggi | m | 3 | 3 | ||||
TEMPAT BERMAIN / SIRKULASI |
|||||||
Kriteria | Satuan | Kondisi | Jumlah | ||||
Baik | Rusak Ringan | Rusak Berat | |||||
LAHAN | |||||||
Luas lahan | m2 | 100 | |||||
Pengeras suara | buah | 8 | |||||
Tape recorder | buah | 2 | |||||
STRUKTUR KURIKULUM
Tabel Struktur Kurikulum Kelas VII dan 8
Mata Pelajaran | Alokasi Waktu Belajar
Per Minggu |
Kelompok A
1. Pend.Agama a. Al Qur’an Hadits b. Aqidah Akhlak c. Fiqih d. SKI 2. Pend. Pancasila dan Kewarganegaraan 3. Bahasa Indonesia 4. Bahasa Arab 5. Matematika 6. Ilmu Pengetahuan Alam 7. Ilmu Pengetahuan Sosial 8. Bahasa Inggris Kelompok B 1. Seni Budaya 2. Pend. Jasmani, OR dan Kesehatan 3. Bahasa Jawa 4. Baca Tulis Al Qur’an |
2 2 2 2 3
6 3 5 5 4 4
3 3 2 2 |
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu | 48 |
Tabel3 Struktur Kurikulum Kelas IX
Mata Pelajaran | Alokasi Waktu Belajar
Per Minggu |
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama a. Qur’an Hadits b. Aqidah Akhlaq c. Fiqih d. Sejarah Kebudayaan Islam |
2 2 2 2 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 2 |
3. Bahasa Indonesia | 4 |
4. Bahasa Arab | 2 |
5. Bahasa Inggris | 4 |
6. Matematika | 4 |
7. Ilmu Pengetahuan Alam | 4 |
8. Ilmu Pengetahuan Sosial | 4 |
9. Seni Budaya | 2 |
10. Penjas Olahraga & Kesehatan | 2 |
11.Teknologi Informasi & Komunikasi
|
2 |
B. Muatan Lokal
a. Bahasa Jawa b. Bimbingan Baca Tulis Al Quran (BBTQ) |
2 2 |
C. Pengembangan Diri / PD*) | |
Jumlah Alokasi waktu belajar per minggu | 42 |
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN DRAJAT
BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2017-2018
KKM Kelas VII dan VIII
NO | MATA PELAJARAN | KKM KELAS | KET. | ||
VII | VII | IX | |||
KELOMPOK A | |||||
1. | Pend Agama Islam
1. Al Qur’an Hadits 2. Aqidah Akhlak 3. Fiqih 4. SKI |
2,8 2,8 2,8 2,8 |
2,8 2,8 2,8 2,8 |
– | |
2. | Pkn | 2,8 | 2,8 | – | |
3. | Bahasa Indonesia | 2,8 | 2,8 | – | |
4. | Bahasa Arab | 2,8 | 2,8 | – | |
5. | Matematika | 2,8 | 2,8 | – | |
6. | IPA | 2,8 | 2,8 | – | |
7. | IPS | 2,8 | 2,8 | – | |
8. | Bahasa Inggris | 2,8 | 2,8 | – | |
KELOMPOK B | |||||
9. | Seni Budaya | 2,8 | 2,8 | – | |
10. | Penjasorkes | 2,8 | 2,8 | – | |
11. | Bahasa Jawa | 2,8 | 2,8 | – | |
12. | Baca Tulis Al Quran | 2,8 | 2,8 | – |
KKM Kelas IX
No | MATA PELAJARAN | KKM | KET. | ||
VII | VIII | IX | |||
1. | Pend Agama Islam
a. Al Qur’an Hadits b. Akidah Akhlak a. Fikih b. S K I |
– | – |
75 75 75 70 |
|
2. | PKn | – | – | 75 | |
3. | Bahasa Indonesia | – | – | 75 | |
4. | Bahasa Arab | – | – | 75 | |
5. | Bahasa Inggris | – | – | 75 | |
6. | Matematika | – | – | 70 | |
7. | IPA | – | – | 70 | |
8. | IPS | – | – | 75 | |
9. | Seni Budaya | – | – | 75 | |
10. | Penjasorkes | – | – | 75 | |
11. | TIK | – | – | 75 | |
MUATAN LOKAL | |||||
12. | Bahasa Jawa | – | – | 70 | |
13. | Baca Tulis Al Qur’an | – | – | 75 |