Beranda Berita Majelis Ahwa Samudra, Gus Oby: Ingin Dimudahkan Berangkat Haji, Baca Doa Ini

Majelis Ahwa Samudra, Gus Oby: Ingin Dimudahkan Berangkat Haji, Baca Doa Ini

268
0

Majelis Ahad Wage Santri Alumni dan Muhibbin PP. Sunan Drajat (MAJELIS AHWA SAMUDRA) kembali digelar, tadi (06 Agustus 2023). Pada edisi 06 Agustus 2023 ini, majelis bertempat di Musolla Putri PP. Sunan Drajat. Sebagaimana pemberitahuan yang beredar melalui WAG, Majelis Ahwa Samudra dimulai pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB.

Majelis dimulai dengan pembukaan oleh MC. Di mana Ustadz Asy’ari dari Bluluk kali ini ditunjuk oleh PC Pessandra Lamongan sebagai penanggung jawab. Setelah edisi kemarin PC Pessandra Tuban dan sebelumnya lagi PC Pessandra Bojonegoro kemudian PC Pessandra Gresik sebagai penanggung jawab majelis secara bergantian.

Setelah pembukaan, acara dilanjut dengan mahallul qiyam oleh Ustadz Muhaimin. Kemudian dilanjut sambutan mewakili PC Pessandra Lamongan yang disampaikan oleh Sulaiman.

Usai sesi sambutan dilanjut dengan ngaji kitab bersama KH. Murobbi Binnur (Gus Oby). Kitab lembaran secara terpisah ini merupakan karya Gus Oby. Yang disusun secara khusus untuk majelis alumni ini.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Oby yang barusan pulang dari tanah suci menunaikan ibadah haji tahun ini bersama istri, memberi ijazah dimudahkan naik haji.

Gus Oby bercerita, bahwa naik haji tahun ini diluar prediksi. Hanya dalam seminggu persiapannya. Tentu hal itu merupakan hal yang ganjil, di tengah antrian haji yang begitu panjang hingga puluhan tahun bagi calon jamaah haji tanah air.

Gus Oby berkisah. Beberapa waktu lalu, Gus Oby mendapat ijazah dari teman Abahyai yang bermukim di Kediri, Mbah Manaf. Bersama tamu-tamu lain yang sowan, Gus Oby dikasih ijazah surah al-insiroh.

“Bersama tamu-tamu lain saya waktu itu dikasih ijazah oleh Mbah Manaf. Untuk bisa mudah menunaikan ibadah haji, meski biayanya belum cukup sekalipun, amalkan membaca surah alam nasroh,” tutur Gus Oby mengawali kisah.

Lebih lanjut Gus Oby menyampaikan, untuk mengmalkan surah ini dengan niat dimudahkan naik haji, cukup dibaca sekali atau sebanyak-banyaknya sesuai kemantapan hati pengamalnya.

“Saya lupa pastinya dibaca berapa kali. Tapi saya memilih cara yang ringan. Yaitu dibaca sekali setelah sholat asar. Tapi, amalan seperti ini bisa dilaksanakan sebanyak-banyaknya sesuai kemantapan hati masing-masing lebih utama. Dan waktunya setelah sholat asar,” tutur Gus Oby memungkasi kisahnya untuk selanjutnya memulai ngaji kitab rutinan majelis. Di mana ngaji edisi kali ini membahas kutamaan sholawat.

Mahelis Ahwa Samudra edisi 06 Agustus 2023 diikuti oleh beberapa alumni dari semua angkatan. Tampak hadir sesepuh alumni dari berbagai daerah seperti Bojonegoro, Tuban dan Gresik hingga Sidoarjo.